UJI KOMPETENSI PEDAGOGIK
PAKET IA
Indikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan aspek fisik.
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan aspek fisik peserta didik
SD/MI.
Butir Soal 1 Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
a. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c. penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
Kunci Jawaban D
Penjelasan Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
fisik antara lain: mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru,
memiliki dorongan dan energi secara eksplosif, mengulang kembali
keterampilan-keterampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga
secara kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban
yang berat, bukan merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik
anak usia SD.
Reference Shickedanz, Yudith A, Shickedanz, David A. and Forsyth, Peggy D,
Toward Understanding Children, (19982) Canada: Little ,Brown &
Company.
Indikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan aspek intelektual.
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan aspek intelektual peserta
didik SD/MI.
Butir Soal 2 Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan
intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya
sendiri dan orang lain
b. penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk
mengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
Kunci Jawaban C
Penjelasan Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan aspek
intelektual siswa SD. Menurut Hurlock, kreativitas adalah kemampuan
untuk berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
PAKET IA
Indikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan aspek fisik.
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan aspek fisik peserta didik
SD/MI.
Butir Soal 1 Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
a. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c. penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
Kunci Jawaban D
Penjelasan Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
fisik antara lain: mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru,
memiliki dorongan dan energi secara eksplosif, mengulang kembali
keterampilan-keterampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga
secara kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban
yang berat, bukan merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik
anak usia SD.
Reference Shickedanz, Yudith A, Shickedanz, David A. and Forsyth, Peggy D,
Toward Understanding Children, (19982) Canada: Little ,Brown &
Company.
Indikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan aspek intelektual.
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan aspek intelektual peserta
didik SD/MI.
Butir Soal 2 Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan
intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya
sendiri dan orang lain
b. penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk
mengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
Kunci Jawaban C
Penjelasan Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan aspek
intelektual siswa SD. Menurut Hurlock, kreativitas adalah kemampuan
untuk berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
Indikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan aspek sosial
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan aspek sosial peserta didik
SD/MI.
Butir Soal 3 Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a. mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
b. berperan serta dalam permainan logika
c. menyukai teman sebaya lawan jenis
d. dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
Kunci Jawaban A
Penjelasan Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
sosial antara lain: mulai dapat bekerja sama dalam kelompok,
memiliki keasyikan sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai
teman sebaya sesama jenis. Jadi, mulai menyukai teman sebaya
sesama jenis, berperan serta dalam permainan logika, dan menyukai
teman sebaya lawan jenis bukan merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik usia SD.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
Indikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan aspek emosional.
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan aspek emosional peserta
didik SD/MI.
Butir Soal 4 Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
a. kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan
sampai akhir
b. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
c. mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
d. memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
Kunci Jawaban C
Penjelasan Menurut Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD
antara lain: kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan
bertahan sampai akhir, menampakkan marah apabila mengalami
kesulitan di sekolah, memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam
lelucon praktis, dan memiliki rasa sensitif dan mudah tersinggung
dalam intensitas yang ringan. Jadi, mulai muncul perasaan simpati
kepada orang yang lebih dewasa bukan merupakan karakteristik
perkembangan emosional anak usia SD
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
ndikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan aspek moral.
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan aspek moral peserta didik
SD/MI.
Butir Soal 5 Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral
merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang
anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar
melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a. coba-ralat (trial and error)
b. pendidikan langsung,
c. identifikasi
d. observasi
Kunci Jawaban D
Penjelasan Menurut Hurlock, perkembangan moral anak terdiri atas dua fase,
yakni: fase pertama, perkembangan prilaku moral dan fase kedua,
perkembangan konsep moral. Metode-metode yang digunakan agar
anak mengalami fase perkembangan perilaku moral terdiri atas coba-
ralat (trial and error), pendidikan langsung, dan identifikasi.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
Indikator Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
berkaitan dengan latar belakang sosial budaya.
Deskriptor Menjelaskan karakteristik perkembangan berkaitan dengan latar
belakang sosial peserta didik SD/MI.
Butir Soal 6 Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’.
Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak
dalam aspek ….
a. sosial
b. moral
c. intelektual
d. emosional
Kunci Jawaban A
Penjelasan Hurlock, menyatakan bahwa karakteristik perkembangan aspek sosial
anak usia SD, antara lain: anak berminat dalam kegiatan dengan teman
sebaya, ingin menjadi bagian dari kelompok yang mengharapkan untuk
dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan perilaku, serta minat para
anggota kelompok. Berdasarkan karakteristik perkembangan sosial
tersebut, usia ini disebut juga ‘usia berkelompok’
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga.
Indikator Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam lima mata pelajaran SD/MI.
Deskriptor Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam mata pelajaran PKn SD/MI.
Butir Soal 7 Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar
yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat
terhadap ….
a. masalah sosial
b. bidang olahraga
c. tubuh manusia
d. kesehatan manusia
Kunci Jawaban A
Penjelasan Menurut Hurlock minat anak usia SD antara lain terdiri atas: minat
terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan tubuh, minat terhadap
sekolah, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan,
minat terhadap masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran mata
pelajaran PKn merupakan salah satu cara guru untuk mengidentifikasi
minat siswa terhadap masalah sosial. Substansi kajian dalam mata
pelajaran PKn sangat berhubungan dengan minat-minat siswa terhadap
masalah sosial, bukan bidang olahraga, atau kesehatan/tubuh manusia.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
Indikator Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam lima mata pelajaran SD/MI.
Deskriptor Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam mata pelajaran Matematika SD/MI.
Butir Soal 8 Dalam proses pembelajaraan Matematika khususnya ketika guru
mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka
guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru
untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a. kesehatan
b. status
c. penampilan
d. pekerjaan
Kunci Jawaban D
Penjelasan Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap
tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat
terhadap status, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat
terhadap penampilan, minat terhadap masalah sosial dsb.
Pembelajaran mata pelajaran Matematika, khususnya ketika guru
mengaitkan konsep atau kegunaan matematikan dengan kehidupan
sehari-hari memungkinkan guru untuk mengidentifikasi minat-minat
siswa terhadap pekerjaan di masa datang.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
Indikator Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam lima mata pelajaran SD/MI.
Deskriptor Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam mata pelajaran Matematika SD/MI.
Indikator Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam lima mata pelajaran SD/MI.
Deskriptor Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI.
Butir Soal 9 Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang
sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang
disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik,
dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap
….
a. penampilan
b. pekerjaan
c. sekolah
d. status
Kunci Jawaban C
Penjelasan Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap
tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat
terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol,
minat terhadap penampilan, dsb. Dalam proses pembelajaran, Bahasa
Indonesia ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh
dongeng atau cerita rakyat yang disukai, berarti guru telah menyajikan
bahan pelajaran dengan menarik. Dengan demikian, bahan pelajaran
yang menarik tersebut dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap
sekolah. Minat anak terhadap sekolah secara positif cenderung
mempengaruhi sikap dan minat anak terhadap sekolah.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
Indikator Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam lima mata pelajaran SD/MI.
Deskriptor Mengidentifikasi bakat dan minat peserta didik usia sekolah dasar
dalam mata pelajaran IPA SD/MI.
Butir Soal 10 Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar:
‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat
mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat
laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik.
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat
mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a. seks
b. penampilan
c. kesehatan
d. pekerjaan
Kunci Jawaban C
Penjelasan Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap
tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat
terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol,
minat terhadap penampilan, minat siswa terhadap masalah sosial, dsb.
Dalam pembelajaran mata pelajaran IPA, khususnya tentang
kompetensi: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat
dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, ketika ada
siswa yang yang selalu bertanya, kemudian mampu membuat laporan
tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik maka guru dapat
mengidentifikasi minat siswa terhadap kesehatan.
Reference Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa:
Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga
OKE ITU DULU YA, MOGA BERMANFAAT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar